Ruang Kolaborasi menambah pemahaman saya tentang pemikiran KHD yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal sosial budaya daerah Tuban. Setelah mempelajari alur belajar ini, saya memahami kekuatan konteks sosial kultural yang sejalan dengan relevansi nilai luhur kearifan budaya daerah sebagai penguatan karakter murid.
Di alur belajar ini, kami pertama kali bertemu dengan fasilitator PGP kelas 05.150, yaitu Bapak Erry Trisna Nurhayana. Pak Erry memfasilitasi kami untuk menemukan kearifan budaya daerah yang relevan dengan pemikiran KHD sebagai penguatan karakter murid. Kelas 150 ini dibagi menjadi dua kelompok diskusi. Saya berada dalam satu kelompok dengan Pak Ali, Pak Hendro, Bu Ari, dan Bu Ajeng. Kami diskusi dan sepakat untuk mengusung kearifan lokal permainan tradisional To'ong. Permainan tradisional To'ong ini biasa dimainkan oleh anak-anak di Kabupaten Tuban, khususnya di wilayah Kecamatan Soko. Kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid pada permainan ini yaitu:
- kebhinekaan global
- kepemimpinan
- gotong royong
- motivasi
- sportivitas
- saling percaya
- tanggung jawab
- kreatif
- mandiri
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
 
 
.png)
.png)
.png) 
0 comments: