Hallo, Sahabat!!
Salam dan Bahagia.
Pada kesempatan belajar ini, saya dan rekan-rekan CGP lain akan berdiskusi di alur belajar Eksplorasi Konsep Modul 1.2. Di sini, saya dan rekan CGP lain, secara individu menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik. Jawaban-jawaban dari pertanyaan pemantik itu saya narasikan di Forum Diskusi ini untuk mendapat umpan balik maupun tanggapan dari rekan lainnya.
Dalam alur belajar ini, ada dua pertanyaan yang jawabannya akan mendapat respon atau tanggapan dari rekan CGP lain. Pertanyaan pertama mengenai nilai-nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid dengan lebih baik. Salah memilih satu nilai Guru Penggerak, yaitu Berpihak pada Murid. Sebagai bentuk keberpihakan tersebut, segala sesuatu yang saya lakukan berfokus untuk memenuhi hak-hak murid. inovasi dan kreativitas yang saya lakukan dalam pembelajaran di kelas atau di sekolah bertujuan untuk fokus pengembangan kepribadian, bakat, dan kemampuan mental dan fisik murid. Segala keputusan yang saya ambil didasari oleh semangat untuk memberdayakan diri, serta memanfaatkan aset/ kekuatan yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi murid saya.
Kegiatan-kegiatan yang telah saya terapkan di kelas dan di sekolah sebagai contoh penerapan dari peran Guru Penggerak (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru), antara lain:
- Membentuk paguyuban kelas sebagai bentuk kolaborasi dengan orang tua/ wali murid dalam mendidik anak.
- Melakukan penilaian Harian berbasis android sebagai wujud mendidik anak sesuai kodrat zaman.
- Mengadakan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat, minat, potensi murid (ekstrakurikuler pramuka, voli, drumband, tari).
- Kolaborasi guru kelas dan guru PAI dalam pembiasaan sholat dhuha, pembacaan Shalawat Nariyah dan Asmaul Husna.
- Membuat jadwal pemimpin doa sebelum dan sesudah pelajaran. Setiap anak mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin doa.
- Guru mengikuti diseminasi pelatihan yang pernah diikuti oleh rekan guru lain sebagai wujud peningkatan kompetensi.
- Kerjasama dengan pihak Puskesmas untuk memeriksa kesehatan murid (program BIAS, cek kesehatan mata, dll.).
- Petugas upacara secara bergiliran untuk melatih keberanian, tanggung jawab, dan kepemimpinan murid.
- Merancang media pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan barang di sekitar dan mudah didapat.
- Melakukan bimbingan atau pelajaran tambahan bagi murid yang akan mengikuti kompetisi dan yang mengalami lambat belajar.
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
 
 


.png) 
0 comments: