Kamis, 24 November 2022

Mulai dari Diri Modul 2.1

“Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.” (Ki Hajar Dewantara)

Tujuan Pembelajaran Khusus

CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

REFLEKSI INDIVIDU

Membayangkan kelas yang saya ampu dengan segala keragaman murid-murid.

  • Yang telah saya lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda yaitu awalnya saya melakukan asesmen diagnostik. Ini bermanfaat untuk saya mengetahui gaya belajar mereka, kemampuan awal terhadapt materi-materi yang akan saya sampaikan, keberagaman latar belakang, sampai dengan minat masing-masing murid.
  • Yang saya lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid saya yaitu melakukan pengelolaan kelas yang bervariasi dalam pembelajaran (melakukan kegiatan klasikal, kelompok, berpasangan, atau individu). Ketika melaksanakan kegiatan kelompok dan berpasangan, saya membentuk masing-masing kelompok dengan beragam kemampuan kognitif anak dan jenis kelamin. Saya juga memanfaatkan beragam media pembelajaran yang dapat memfasilitasi berbagai gaya belajar murid. Dalam penugasan juga memberikan beberapa alternatif pilihan kepada murid berdasarkan kemampuan dan minatnya.
  • Tentu saja saya juga memberikan perlakukan yang berbeda terhadap murid-murid di kelas yang memiliki keberagaman. Misalnya, anak yang memiliki kemampuan kognitif yang kurang mendapatkan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan suatu tugas.
  • Tantangan-tantangan yang saya hadapi ketika proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid yaitu dalam suatu kelompok yang terdiri dari beragam kemampuan kognitif, anak yang kemampuannya di atas rata-rata sering mendominasi dalam kerja kelompok dan presentasi, sehingga anak yang kemampuannya masing rendah seringkali kurang aktif. Tindakan yang saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu melakukan bimbingan dan arahan kepada kelompok tersebut untuk membagi tugas secara adil dan merata.
  • Untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan murid, kesiapan belajarnya, minatnya, dan profil belajar murid.

Previous Post
Next Post

0 comments: