Rabu, 23 November 2022

Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Diskusi Kelompok

Tujuan Pembelajaran Khusus

CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.

Pada alur belajar ini, CGP diminta untuk mengingat kembali visi yang telah dilukiskan dan dirumuskan mengenai murid di masa depan. Untuk mencapai visi ini, tentunya CGP tidak dapat begitu saja turun menjadi tindakan-tindakan. Karena visi sifatnya jangka panjang, maka CGP perlu memutuskan prakarsa-prakarsa yang perlu dilakukan sebagai tujuan-tujuan antara.

Pada bagian ini, CGP bekerja secara kolaboratif bersama rekan sekelompok. Di bagian sebelumnya, tiap anggota kelompok telah berbagi mengenai visinya masing-masing. Kini, dalam kelompok, putuskan satu visi yang dapat menjadi visi untuk kelompok.

Setelah satu visi disepakati bersama, langkah berikutnya adalah membuat pernyataan “prakarsa perubahan” -nya. CGP diskusi bersama di kelompok untuk ideasi, curah ide. CGP menggunakan kerangka berpikir strategis sekaligus taktis. Eksplorasi kemungkinan-kemungkinan.

Untuk menyelesaikan tugas ini, CGP menyususn perrtanyaan-pertanyaan untuk memandu diskusi kelompok terlebih dahulu. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan pemandu yang dapat digunakan dengan penyesuaian. 

  1. Jika visi kelompok seperti demikian, apa prakarsa perubahan atau upaya yang perlu dilakukan pertama kali? 
  2. Dari aset yang telah dimiliki (baik sosial-politik, ekonomi, lingkungan, maupun SDM) mana yang dapat dimanfaatkan, bagaimana caranya? 
  3. Dari program atau pembiasaan yang telah ada di sekolah, mana yang dapat menguatkan atau dijadikan sebagai prakarsa perubahan sehingga berdaya ungkit bagi pencapaian visi? 
  4. Dari elemen-elemen dalam 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila, elemen mana yang dapat kita turunkan menjadi prakarsa perubahan? 

Diskusi tatap muka virtual ini dilakukan secara langsung (sinkronus) dengan panduan dari fasilitator Bapak Erry Trisna Nurhayana, M.Pd. Masing-masing kelompok meramu hasil diskusinya menjadi: SATU visi, SATU kalimat pernyataan prakarsa perubahan, dan SATU rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap menggunakan kanvas BAGJA berikut. Tiap kelompok perlu melengkapi pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan tiap tahapan berikut daftar tindakan/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan di tiap tahap tersebut.






Previous Post
Next Post

0 comments: