Minggu, 26 Juni 2022

1.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 1.2


Sahabat CGP, salah satu hal seru yang kita kerjakan di alur belajar MERDEKA yaitu Ruang Kolaborasi. Kolaborasi dapat membawa guru-guru dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda secara bersamaan. Dengan begitu dapat pula mempelajari berbagai jenis pengetahuan dari rekan guru lain, yang juga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam diri. Kami dibagi ke dalam 3 kelompok oleh fasilitator. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk merancang satu kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki tiap rekan dalam kelompok.

Saya mendapat kesempatan berkelompok dengan Pak Aris Karyono, Pak Ali Irham, dan Pak Muh. Sholihin. Kami berdiskusi dan berhasil merancang kegiatan yang kami beri nama Club Mading Sekolah. 
Club Mading Sekolah adalah suatu kegiatan sekolah yang bertujuan sebagai wadah pengembangan potensi, bakat, serta minat warga sekolah (murid, guru, karyawan) di bidang literasi. Mading Sekolah ini akan berisi karya murid, guru, kepala sekolah, dan karyawan sekolah yang berupa puisi, cerpen, komik, pantun , artikel, poster, foto kegiatan, karikatur, biografi tokoh, teks cerita, karya lagu, dan kosa kata. Untuk membentuk Club Mading sekolah, kami melakukan identifikasi kebutuhan sebagai berikut.
  • Sarana dan prasarana
  • Kepengurusan
  • Jadwal terbit
  • Tema mading
  • Jadwal kontributor
  • Tim evaluasi

Banyak nilai, peran, dan kegiatan Guru Penggerak yang tertuang dalam Club Mading Sekolah ini. Adapun nilai-nilai tersebut antara lain: berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Peran Guru Penggerak dalam Club Mading Sekolah ini antara lain: menjadi pemimpin pembelajaran, mewujudkan kepemimpinan murid, penggerak komunitas, mendorong kolaborasi, dan menjadi coach bagi guru lain. Penjelasan tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak dapat diakses di link ini Nilai dan Peran GP dalam Club Mading Sekolah

#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti




Previous Post
Next Post

0 comments: