Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, saya mendapatkan banyak pembelajaran terkait Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pembelajaran tersebut saya tuangkan dalam Koneksi Antarmateri Refleksi Model 4-P, yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan.
PERISTIWA
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah ketika saya dan rekan CGP bertemu tatap maya dengan fasilitator. Pada momen belajar ini, kami saling berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait implementasi filosofi Ki Hajar Dewantara. Saya dan rekan CGP juga berkolaborasi untuk menemukan konteks sosial kultural di daerah Tuban yang sesuai dengan pemikiran KHD. Di Ruang Kolaborasi dengan fasilitator, kami juga merancang suatu kegiatan yang mengkolaborasikan kekuatan nilai dan peran guru penggerak. Saya lebih memahami nilai-nilai apa yang harus dimiliki Guru penggerak beserta penerapannya. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah dengan menerapkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak secara baik, maka kita juga akan mampu mewujudkan filosofis KHD di kelas dan di sekolah.
PERASAAN
Saat momen itu terjadi, saya seperti mendapat motivasi dan penguatan tentang peran guru. Selama ini yang menjadi fokus utama saya adalah mentrasfer pengetahuan. Modul ini mengingatkan peran guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan, namun menuntun segala kodrat anak dan harus beriringan dengan penanaman nilai-nilai karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Saat momen itu terjadi, saya seperti diajak untuk membayangkan apa yang akan saya lakukan setelah 3 tahun menjadi Guru Penggerak. Momen ini saya tuangkan pada Demonstrasi Kontekstual. Semua aktivitas atau kegiatan yang saya tuliskan merupakan sebuah cita-cita saya sebagai Guru Penggerak. Saya menuliskan berbagai aktivitas atau kegiatan yang mewujudkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak. Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak tersebut sudah mulai saya laksanakan saat ini dan akan secara terus-menerus saya implementasikan.
PEMBELAJARAN
Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa tugas Guru Penggerak cukup sebagai penuntun kodrat anak, menanamkan karakter, menggali potensi anak, serta melakukan inovasi pembelajaran. Tenyata saya sekarang berpikir bahwa Guru Penggerak tidak hanya melakukan hal-hal tersebut, namun harus menjiwai dan mengimplementasikan nilai-nilai Guru Penggerak. Peran-peran Guru Penggerak tidak hanya diterapkan di kelas, namun harus berdampak lebih luas lagi. Dampak yang lebih besar berada di sekolah, komunitas praktisi, dan masyarakat. Dengan memiliki nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid, maka seorang guru akan tergerak untuk melakukan peran-peran seperti menjadi pemimpin pembelajaan, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru dan mewujudkan kepemimpinan murid. Kesatuan nilai dan peran Guru Penggerak inilah yang kemudian menjadi pijakan membantu murid-murid dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila.
PENERAPAN
Pengembangan diri yang sederhana, konkret, dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak antara lain belajar sepanjang hayat dari berbagai sumber dan kegiatan. Kegiatan belajar ini saya harapkan juga berdampak bagi sekolah dengan menjadi coach bagi rekan guru di sekolah. Saya diseminasikan ilmu yang saya peroleh dan membimbing rekan guru agar menguasai suatu kompetensi. Selain itu saya akan selalu mengembangkan inovasi-inovasi pembelajaran. Inovasi ini tak lupa akan saya tulis menjadi dokumen praktik baik maupun sebuah penelitian. Penelitian yang saya lakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperbaiki segala kekurangan. Di sini nilai reflektif seorang Guru Penggerak dapat tercermin. Aktif dalam menggerakkan komunitas juga dapat mengembangkan diri saya sebagai Guru Penggerak. Komunitas praktisi di sekolah, di daerah, maupun komunitas di tingkat nasional.
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
0 comments: