PERTANYAAN UNTUK DISKUSI DARING
Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Informasi yang saya peroleh dari video modul ini yaitu tentang aspek-aspek kebutuhan belajar murid. aspek-aspek tersebut antara lain:
- kesiapan belajar
- minat belajar
- profil belajar murid
- diferensiasi konten
- diferensiasi proses
- diferensiasi produk
Konten adalah apa yang apa kita ajarkan kepada murid. Konten dapat dibedakan sebagai tanggapan terhadap tingkat kesiapan, minat, atau profil belajar murid yang berbeda, atau terhadap kombinasi dari ketiganya. Guru dapat melihat kesiapan belajar murid dari sisi apakah mereka siap belajar materi secara abstrak atau murid masih perlu belajar dan berpikir secara konkret. Jika murid masih berada pada cara berpikir konkret, guru seharusnya mengakomodasi dengan menyediakan bahan-bahan belajar yang konkret. Diferensiasi konten dari segi profil belajar murid artinya guru dapat melihat gaya belajar murid dalam mengakses materi pembelajaran, apakah murid tersebut memiliki gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik.
Diferensiasi proses mengacu pada bagaimana murid akan memahami atau memaknai apa saja informasi atau materi yang dipelajari. Guru menyiapkan proses belajar murid secara mandiri atau kelompok, seberapa banyak bantuan yang dibutuhkan murid, siapa saja yang perlu mendapat bantuan. Cara melaksanakan diferensiasi proses misalnya dengan menggunakan kegiatan berjenjang, menyediakan pertanyaan pemandu, membuat agenda individual, memvariasi lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi yang mengakomodasi beragam gaya belajar, menggunakan pengelompokan yang fleksibel.
Diferensiasi produk ini mengenai jenis tugas, tagihan, unjuk kerja yang harus ditunjukkan oleh murid kepada kita. Produk yang dihasilkan murid harus mencerminkan pemahaman murid dan berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Cara melakukan diferensiasi produk perlu mempertimbangkan kebutuhan belajar murid sebelum memberikan penugasan produk. Penugasan murid harus membantu murid, baik secara individu atau kelompok, memikirkan kembali, menggunakan, dan memperluas apa yang mereka pelajari selama periode waktu tertentu. Produk penting, bukan hanya untuk mewakili pemahaman dan aplikasi dalam bentuk yang luas, tetapi juga karena merupakan elemen kurikulum yang langsung dimiliki oleh murid.
Pada dasarnya diferensiasi produk meliputi dua hal:
- memberikan tantangan, keragaman, atau variasi
- memberikan murid pilihan bagaimana mereka dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan
Yang dapat kita lakukan sebagai guru untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran diferensiasi yaitu dengan learning community (komunitas belajar). Learning community (komunitas belajar) adalah komunitas yang semua anggotanya adalah pemelajar. Guru-guru akan memimpin murid-muridnya untuk mengembangkan sikap-sikap dan praktik-praktik yang saling mendukung tumbuhnya lingkungan belajar.
Karakteristik Komunitas Belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi:
- Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik.
- Setiap orang di dalam kelas tersebut saling menghargai
- Murid akan merasa aman
- Ada harapan bagi pertumbuhan
- Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
- Ada keadilan dalam bentuk yang nyata
- Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama
Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
Gagasan baru yang saya dapatkan dari video ini yaitu guru merancang pembelajaran diferensiasi konten berdasarkan minatnya. Contohnya, apabila guru ingin menyampaikan materi teks narasi, guru dapat menyajikan contoh teks narasi berdasarkan minat atau kesukaan murid-muridnya. Selama ini saya belum mnerapkan hal ini. Ketika pembelajaran teks narasi, saya masih menyajikan teks yang sama untuk semua murid tanpa memperhatikan minat dan kesukaan mereka. Dengan menyimak video di modul ini, saya mendapatkan pemahaman baru terkait diferensiasi konten.
Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Menurut saya hal yang akan sulit diimplementasikan yaitu penilaian pembelajaran. Dalam video tersebut dijelaskan bahwa diferensiasi produk meliputi jenis tugas, tagihan, unjuk kerja yang harus ditunjukkan oleh murid kepada kita sebagai guru. Produk yang dihasilkan murid harus mencerminkan pemahaman murid dan berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Ini artinya murid akan menghasilkan produk-produk yang berbeda. Akibatnya guru juga akan membuat rubrik ataupun kriteria penilaian yang berbeda-beda pula. Kesulitan yang akan saya hadapi terkait waktu penilaian yang lebih lama untuk menilai setiap produk yang dihasilkan murid.
Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Pertanyaan yang ingin saya ajukan terkait isi video ini adalah: Bagaimana cara melaksanakan diferensiasi proses membuat agenda individual?
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
0 comments: