Jumat, 07 Oktober 2022

Club Mading Sekolah: Meningkatkan Literasi Murid SDN Sidoharjo I

Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman, dan bermakna bagi murid adalah hal yang umum diinginkan semua pihak. Perlu adanya perubahan yang terjadi secara mendasar dalam operasional sekolah, maka saya sebagai CGP memulai dengan memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah. Budaya sekolah berarti merujuk pada kebiasaan-kebiasaan yang selama ini dilakukan di sekolah. Kebiasaan ini dapat berupa sikap, perbuatan, dan segala bentuk kegiatan yang dilakukan warga sekolah. 

Kurangnya minat anak pada literasi menjadikan alasan saya untuk membuat suatu prakarsa perubahan dan menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Saya membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Di sini saya berlatih menemukan potensi dan kekuatan, serta hal baru dalam diri saya sebagai CGP yang dapat membawa manfaat untuk murid.

Tahapan BAGJA yang telah saya susun dapat dilihat di link berikut ini: Prakarsa Perubahan: Meningkatkan Literasi Murid

Untuk mewujudkan prakarsa perubahan tersebut, saya dan warga sekolah membentuk Club Mading Sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan literasi pada murid. Harapan ke depan, Club Mading Sekolah ini tidak hanya berfokus pada Literasi Baca Tulis saja, namun lebih luas lagi untuk meningkatkan Literasi Digital, Literasi Sains, Literasi Numerasi, Literasi Finansial, serta Literasi Budaya dan Kewargaan. 

Langkah awal untuk mewujudkan prakarsa perubahan ini adalah dengan membentuk komunitas praktisi di sekolah. Rancangan komunitas praktisi Club Mading Sekolah dapat dilihat di link berikut ini: Komunitas Praktisi: Club Mading Sekolah

Adapun kepengurusan Club Mading Sekolah adalah sebagai berikut.


Club Mading Sekolah ini tidak hanya fokus meningkatkan literasi anak dan menghasilkan karya-karya yang dikemas dalam sebuah majalah dinding. Tindak lanjut dari komunitas praktisi ini adalah terwujudnya sebuah Perpustakaan Digital SDN Sidoharjo I.

Perpustakaan Digital ini berisi karya-karya murid dan guru SDN Sidoharjo I yang telah dipublikasikan di majalah dinding. Hal ini bertujuan agar karya-karya tersebut tidak hilang atau dibuang begitu saja setelah ditayangkan di majalah dinding. Perpustakaan Digital sebagai arsip yang mendokumentasikan karya-karya warga sekolah yang dapat diakses secara online.

Selain itu, Perpustakaan Digital SDN Sidoharjo I juga berisi bahan ajar yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis digital yang dapat dimanfaatkan guru dan murid SDN Sidoharjo I khususnya, dan sekolah-sekolah lain pada umumnya. Perpustakaan Digital dapat diakses siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Perpustakaan Digital didesain menarik dengan tampilan berupa rak-rak buku yang berisi flipbook karya murid dan guru. Murid dan guru dapat mendesain karyanya melalui aplikasi Canva for Education. Belajar membuat karya di aplikasi Canva ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh anggota Club Mading Sekolah. Anak-anak mendapatkan bimbingan dari pembina Club Mading untuk membuat berbagai karya melalui Canva.

Karya-karya tersebut dapat diakses di perpustakaan digital berikut ini.

#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
Previous Post
Next Post

0 comments: