Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
- CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.
Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik (Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).
Bob Talbert
Dari kutipan di atas, kaitan dengan proses pembelajaran yang sedang Saya pelajari saat ini sebagai seorang Calon Guru Penggerak yaitu bahwa memahamkan anak tentang konsekuensi dari sebuah pilihan merupakan hal yang benar, namun membekali mereka dengan pengetahuan tentang hal baik dan buruk adalah sesuatu yang substansi. Bahwa pengetahuan/knowledge saja tidak cukup, murid juga harus dibekali dengan pendidikan karakter.
Nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita. Pengambilan keputusan merupakan prasyarat penentu tindakan. Pengambilan keputusan yang tidak tepat akan menimbulkan banyak masalah atau mungkin saja berupa penyesalan yang tidak kunjung padam. Oleh sebab itu ketika kita menyadari bahwa pengambilan keputusan adalah salah satu bagian penting dari bagian kehidupan yang selanjutnya, maka kita dituntut untuk memperhatikan berbagai faktor, nilai, atau prinsip. Prinsip-prinsip pengambilan keputusan dikatakan sistematis apabila setiap tahapan atau langkah yang akan diambil dapat dilihat dengan jelas dalam menjawab suatu masalah. Maka dari itu, kita perlu mencari, mengumpulkan, dan mengolah informasi menjadi data yang dapat dipakai sebagai panduan dalam menentukan keputusan. Dengan demikian, informasi merupakan kata kunci yang mendorong kita sebagai pemimpin pembelajaran untuk melakukan tindakan dan menetapkan keputusan guna mencapai tujuan.
Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, Saya dapat berkontribusi pada proses pembelajaran murid dalam pengambilan keputusan yaitu dengan cara pengambilan keputusan berbasis etika, sesuai visi dan misi yang berpihak pada murid, budaya positif, serta nilai-nilai yang dianggap penting. Dalam pengambilan keputusan, kita perlu memetakan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip pengambilan keputusan, serta dipadukan dengan 9 langkah pengambilan keputusan.
0 comments: