Minggu, 27 November 2022

AKSI NYATA - CLUB MADING SEKOLAH

"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama." - Nadiem Makarim-

Tujuan Pembelajaran Khusus:  
  1. CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. 
  2. CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.
PERISTIWA (FACT)
Latar Belakang
Majalah dinding  adalah sebuah media komunikasi dan sarana  informasi di antara pelajar, guru dengan siswa, semua warga sekolah, atau pun siswa dengan lingkungan di luar sekolah. Majalah dinding pun dapat dijadikan sebagai sarana efektif untuk menampung karya siswa  dalam menulis, mengungkapkan ide, serta mampu untuk mempublikasikannya. Selain itu majalah dinding mampu menampung bakat dan minat siswa dalam  kreativitas lainnya  seperti melukis, menggambar, mendekorasi, dan lain sebagainya.

Club Mading (Majalah Dinding) Sekolah merupakan suatu program yang berdampak positif bagi murid. Club Mading Sekolah memfasilitasi bakat dan minat murid dalam bidang literasi. Murid dapat menuangkan bakat dan minat menulisnya di program ini. Hal berbeda yang disuguhkan dalam program Club Mading Sekolah di SDN Sidoharjo I adalah kegiatan ini juga mengasah kemampuan anak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Anak-anak akan menghasilkan karyanya berupa produk digital. Produk-produk hasil program Club Mading Sekolah akan tersimpan secara digital melalui Perpustakaan Digital SDN Sidoharjo I.

Salah satu hal yang melatarbelakangi terbentuknya Club Mading Sekolah dengan produk digital "Pustaka Digital" ini adalah sering kali kita melihat karya murid yang telah ditempel atau dipajang di papan mading kemudian dilepas dan dibuang karena akan diganti karya yang baru lagi. Hal tersebut menjadi keprihatinan semua pihak karena karya murid yang bagus ini tidak terdokumentasi dengan baik sebagai portofolio. Dengan dasar inilah terwujudnya Club Mading Sekolah dengan produk Pustaka Digital untuk menjawab tantangan yang terjadi dan sebagai wujud pendidikan yang sesuai kodrat zaman.

Pelaksanaan Aksi Nyata
Hal pertama yang dilakukan CGP terkait program ini yaitu melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada kepala sekolah SDN Sidoharjo I, yaitu Bapak Joko Sutowo, S.Pd.

Kegiatan selanjutnya yaitu melaksanakan sosialisasi program kepada guru-guru SDN Sidoharjo I.

Sosialisasi program kepada murid kelas VI SDN sidoharjo I

Melaksanakan kegiatan pertama Club Mading Sekolah, yaitu membuat Poster Digital di Canva for Education. Berikut ini adalah proses dan hasil karya anak.





Berikut ini adalah Prakarsa Perubahan program ini : BAGJA

Hasil Aksi Nyata
Pustaka Digital "Club Mading Sekolah"

PERASAAN (FEELING)
Perasaan saya ketika akan menyusun program ini awalnya ragu dan khawatir. Perasaan ini muncul karena rasa ragu apakah program ini akan berjalan sesuai dengan rencana, melihat sarana dan prasarana alat TIK di sekolah belum memadahi (laptop dan jaringan internet). Saya juga merasa khawatir jika program ini tidak bisa berjalan di kelas lain, dan hanya bisa berjalan di kelas saya saja yaitu kelas VI. Perasaan ini berubah menjadi rasa semangat dan antusias ketika saya mendapat dukungan dari kepala sekolah dan rekan guru di kelas lain. Kepala sekolah memberikan kebijakan untuk mengizinkan murid-murid membawa handphone pribadi ketika kegiatan Club Mading, mengingat peralatan TIK di sekolah kami belum memadahi. Selain itu kepala sekolah memberikan dukungan untuk memasang jaringan internet khusus di kelas saya yang nantinya sebagai pusat kegiatan Club Mading Sekolah. Rekan guru lain mendukung dengan memberikan saran bahwa kelas yang lebih kecil (kelas I-V) akan berkolaborasi dengan kelas VI untuk membuat karya yang akan ditampilkan di Pustaka Digital Club Mading Sekolah.

Perasaan semangat dan antusias untuk menjalankan program ini semakin tinggi ketika kepala sekolah mengabarkan bahwa sekolah kami akan mendapat bantuan TIK berupa chromebook dari Direktorat SD. Sarana prasarana ini nantinya akan mendukung terlaksananya program Club Mading Sekolah yang berbasis TIK.

PEMBELAJARAN (FINDING)
Pembelajaran yang saya peroleh dari penerapan Aksi Nyata Modul 3.3 ini yaitu tidak ada program yang tidak bisa berjalan dengan baik, selagi kita mampu berkolaborasi dan meniatkan segala sesuatu yang kita kerjakan ini semata-mata untuk memberikan dampak positif bagi murid.

PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)
Penerapan program Club Mading Sekolah yaitu terbentuknya susunan kepengurusan Club Mading Sekolah yang terdiri dari guru pembina dan murid-murid SDN Sidoharjo I. Dengan adanya struktur kepengurusan ini diharapkan akan membentuk jiwa kepemimpinan pada murid (student agency).
Harapan program ini ke depannya yaitu akan menjadi sebuah ekstrakurikuler yang mampu mewadahi bakat dan minat murid di bidang literasi dan mampu mengembangkan potensi kepemimpinan yang memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran.

Previous Post
Next Post

0 comments: