Sabtu, 26 November 2022

Mulai dari Diri Modul 3.2

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

Pada sesi ini, CGP akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

1

Response is required
Response is required

Bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem adalah unsur hidup (biotik) dan unsur tak hidup (abiotik). Unsur biotik contohnya murid, guru, kepala sekolah, staf/ tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orang tua, masyarakat di sekitar sekolah. Unsur abiotik contohnya sarana prasarana sekolah, keuangan.

Question #2

2

Response is required
Response is required

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu kualitas guru, kualitas murid, sarana sekolah, keuangan, visi misi sekolah, program sekolah, lokasi sekolah.

Question #3

3

Response is required
Response is required

hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut adalah keaktifan beliau dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah, sehingga kegiatan sekolah berjalan lancar

Question #4

4

Response is required
Response is required

Menurut saya, seorang pemimpin yang ideal itu adalah pemimpin yang bisa memimpin sekolah dengan baik, bisa menjadi teladan, memiliki rasa empati, memiliki visi dan misi yang jelas, mengutamakan kebersamaan, bertanggung jawab.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Sebagai seorang guru, saya selalu belajar agar mampu mengorganisir sumber daya yang ada di sekolah dan berusaha menggerakkan semua warga sekolah,  agar terus bersinergi menuwudkan visi sekolah.

Question #6

6

diri sendiri: menjadi guru yang mampu mengelola sumber daya yang ada, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, dan mampu menganalisis potensi sumber daya untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

murid: saya berharap muird merasa aman, nyaman, dan bahagia selama mereka belajar di sekolah. mereka dapat menyalurkan bakat dan minat serta menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada diri masing-masing.

sekolah: saya berharap sekolah saya mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah dan mampu mengelolanya secara efektif dan maksimal

Question #7

7

materi

  1. cara yang efektif dalam pengelolaan sumber daya yang ada
  2. strategi pengelolaan sumber daya yang ada
  3. cara membuat pemetaan sumber daya yang ada
  4. cara menganalisis segala potensi yang ada
manfaat:

  1. dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki oleh sekolah
  2. dapat memetakan sumber daya yang dimiliki sekolah
  3. dapat memanfaatkan/ menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar
Previous Post
Next Post

0 comments: