Tujuan Pembelajaran Khusus: Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Pada sesi ini, CGP akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem adalah unsur hidup (biotik) dan unsur tak hidup (abiotik). Unsur biotik contohnya murid, guru, kepala sekolah, staf/ tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orang tua, masyarakat di sekitar sekolah. Unsur abiotik contohnya sarana prasarana sekolah, keuangan.
Question #2
Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah yaitu kualitas guru, kualitas murid, sarana sekolah, keuangan, visi misi sekolah, program sekolah, lokasi sekolah.
Question #3
Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut adalah keaktifan beliau dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah, sehingga kegiatan sekolah berjalan lancar
Question #4
Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?
Menurut saya, seorang pemimpin yang ideal itu adalah pemimpin yang bisa memimpin sekolah dengan baik, bisa menjadi teladan, memiliki rasa empati, memiliki visi dan misi yang jelas, mengutamakan kebersamaan, bertanggung jawab.
Question #5
Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?
Sebagai seorang guru, saya selalu belajar agar mampu mengorganisir sumber daya yang ada di sekolah dan berusaha menggerakkan semua warga sekolah, agar terus bersinergi menuwudkan visi sekolah.
Question #6 Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
diri sendiri: menjadi guru yang mampu mengelola sumber daya yang ada, mampu membuat strategi pengelolaan sumber daya, dan mampu menganalisis potensi sumber daya untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.
murid: saya berharap muird merasa aman, nyaman, dan bahagia selama mereka belajar di sekolah. mereka dapat menyalurkan bakat dan minat serta menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada diri masing-masing.
sekolah: saya berharap sekolah saya mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah dan mampu mengelolanya secara efektif dan maksimal
Question #7 Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
materi
cara yang efektif dalam pengelolaan sumber daya yang ada strategi pengelolaan sumber daya yang ada cara membuat pemetaan sumber daya yang ada cara menganalisis segala potensi yang ada manfaat:
dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dapat memetakan sumber daya yang dimiliki sekolah dapat memanfaatkan/ menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas bela jar
0 comments: