Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid.
Tomlinson (2001: 80), memaparkan perbedaan antara aktivitas atau kegiatan pembelajaran yang baik dengan aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik.
Aktivitas Pembelajaran yang Baik
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dengan menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dalam berbagai moda dan pada berbagai tingkat kerumitan, serta dalam berbagai rentang waktu.
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dengan jumlah dukungan dari guru atau teman sebaya yang bervariasi (scaffolding).
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.
- Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
 
 
.png)
.png) 
0 comments: