Selasa, 13 September 2022

2.1.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1


Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid.
Tomlinson (2001: 80), memaparkan perbedaan antara aktivitas atau kegiatan pembelajaran yang baik dengan aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik.
Aktivitas Pembelajaran yang Baik
    1. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dengan menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.
    2. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.
Aktivitas Pembelajaran Berdiferensiasi yang Baik
    1. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dalam berbagai moda dan pada berbagai tingkat kerumitan, serta dalam berbagai rentang waktu. 
    2. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu dengan jumlah dukungan dari guru atau teman sebaya yang bervariasi (scaffolding).
    3. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.
    4. Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.
Berikut ini adalah contoh RPP Berdiferensiasi pada jenjang sekolah dasar kelas V muatan pelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia.

#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
Previous Post
Next Post

0 comments: