Rabu, 06 Juli 2022

VLOG Youtube Melatih Kepercayaan Diri, Kreativitas, dan Kemampuan Komunikasi Murid SDN Sidoharjo I

Perkembangan teknologi komunikasi pada masa kini menyuguhkan media komunikasi yang semakin variatif. Salah satunya adalah video blog atau vlog merupakan suatu aplikasi aktivitas blogging yang tidak lagi dengan tulisan melainkan dengan media video yang saat ini banyak dipilih masyarakat sebagai sarana menyampaikan informasi yang mudah dan menarik. Dengan ide-ide baru vlog mampu membagikan berbagai macam konten yang menarik dan memiliki unsur kreatif sehingga dapat mengembangkan kreativitas dalam diri seseorang.

Berdasarkan hal tersebut, CGP melaksanakan Aksi Nyata dengan memanfaatkan vlog dalam pembelajaran. Murid-murid mengerjakan sebuah proyek dengan membuat vlog secara berkelompok. Hal ini dapat menumbuhkan nilai kolaboratif, kelompok murid berkolaborasi menyuguhkan tampilan vlog tugas. Tugas Vlog ini juga dapat menumbuhkan kreativitas. Kemampuan murid dalam mencipta dan membuat gagasan-gagasan yang kreatif sangatlah bermanfaat bagi murid itu sendiri. Ciri kreatif dapat dilihat dengan mengamati perilaku murid yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, sering mengajukan pertanyaan, memberikan banyak gagasan, mempunyai daya imajinasi, dan mampu mengajukan pemikiran dan pendapat yang berbeda dari orang lain.

Saya sebagai guru di kelas 5 SDN Sidoharjo I melihat potensi murid  yang bagus dalam kemampuan editing video. Setelah melakukan asesmen diagnostik sebelum pembelajaran, didapat hasil bahwa sebagian besar murid telah mampu melakukan editing video melalui aplikasi Capcut, Reels Instagram, dan TikTok. Hal ini kemudian saya tindaklanjuti dengan memberikan tugas proyek berupa vlog pembelajaran. Anak-anak sangat tertarik. Mereka berkreasi menyuguhkan sebuah Vlog pembelajaran.

Dengan membuat Vlog, murid juga akan lebih percaya diri dalam menyampaikan gagasan. Awalnya mereka malu jika memaparkan suatu ide di depan teman-temannya, dengan membuat vlog mereka akan terbiasa tampil di depan umum. Kemampuan komunikasi melalui Vlog juga semakin terasah, murid-murid kelas 5 jadi lebih memahami bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dengan bahasa yang mudah dipahami.

Tugas membuat vlog ini dilakukan pada muatan pembelajaran IPA materi Ekosistem. Saya membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk memaparkan materi ekosistem. selain itu, tugas vlog ini juga saya terapkan pada muatan pelajaran Matematika materi Bangun Ruang dan muatan pelajaran IPA materi Zat Campuran.

Berikut ini adalah beberapa contoh tugas proyek murid dalam membuat vlog pembelajaran.







#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti






Previous Post
Next Post

0 comments: