Rabu, 10 Agustus 2022

1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3



Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Inkuiri Apresiatif (IA) adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan (Cooperrider & Whitney, 2005).

BAGJA merupakan adaptasi atau konsep kerangka berpikir inkuiri apresiatif yang digunakan dalam manajemen perubahan.

Melalui pertanyaan-pertanyaan dalam tahapan BAGJA, Guru Penggerak diharapkan dapat mengejawantahkan pola pikir yang tepat, visi yang kuat, serta spirit yang membara.


Prakarsa Perubahan "Meningkatkan Literasi Membaca pada Murid"

BUAT PERTANYAAN (DEFINE)
Pertanyaan

  1. Siapakah guru yang pernah berhasil dalam meningkatkan literasi membaca pada murid?
  2. Bagaimana guru tersebut mengelola kegiatan pembelajaran yang dapat mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  3. Aktivitas apa yang guru tersebut lakukan agar berhasil dalam mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  4. Situasi apa saja yang selama ini telah mendukungnya untuk dapat mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  5. Kompetensi apa yang sudah saya kuasai untuk mendukung usaha saya dalam mengingkatkan literasi membaca pada murid saya?
Tindakan
  1. Mencari profil guru yang telah berhasil mengingkatkan literasi membaca pada murid.
  2. Mencari tahu bagaimana guru tersebut mengelola kegiatan pembelajaran yang dapat mengingkatkan literasi membaca pada murid.
  3. Mencatat aktivitas yang dilakukannya agar berhasil dalam mengingkatkan literasi membaca pada murid.
  4. Mencari tahu situasi di sekolahnya yang telah mendukung untuk mengingkatkan literasi membaca pada murid.
  5. Mendata kompetensi yang telah saya miliki untuk mendukung usaha saya dalam mengingkatkan literasi membaca pada murid.


AMBIL PELAJARAN (DISCOVER)
Pertanyaan

  1. Siapakah di sekolah saya yang mempunyai pengalaman dalam menjalankan kegiatan atau pembelajaran yang dapat mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  2. Aktivitas apa saja yang menurut anak-anak dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca pada mereka?
  3. Situasi apa saja yang dapat kita lihat dalam pembelajaran yang mampu mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  4. Ketrampilan apa yang sudah saya miliki dan membantu saya mewujudkan pembelajaran yang meningkatkan literasi membaca pada murid?
Tindakan
  1. Mencari contoh nyata bagaimana pembelajaran atau kegiatan yang mampu meningkatkan literasi membaca pada murid (wawancara/ korespondensi/ studi literatur/ secara mandiri dan kolaboratif.
  2. Mewawancarai atau survei pengalaman atau pendapat guru, kepala sekolah, murid, dan orang tua.


GALI MIMPI (DREAM)
Pertanyaan

  1. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi jika pembelajaran atau kegiatan yang dapat mengingkatkan literasi membaca pada murid telah berjalan baik?
  2. Apa saja hal baru yang dapat murid lakukan setelah dapat meningkatkan literasi membaca dengan baik?
  3. Apa hal-hal baru atau sumber daya yang sekolah bayangkan akan tersedia untuk mempertahankan kemampuan literasi membaca pada murid?
Tindakan
  1. Membuat deskripsi atau narasi tentang pembelajaran atau kegiatan yang dapat mengingkatkan kemampuan literasi membaca pada murid telah berjalan baik.
  2. Menjabarkan tindakan-tindakan yang dapat dilakukan murid untuk meningkatkan literasi membaca dengan baik.


JABARKAN RENCANA (DESIGN)
Pertanyaan

  1. Apa langkah paling sederhana atau langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengingkatkan literasi membaca pada murid?
  2. Berapa lama target untuk dapat meningkatkan literasi membaca pada murid?
  3. Apa saja tindakan yang mendukung usaha untuk meningkatkan literasi membaca pada murid?
  4. Bagaimana cara mengukur kemajuan peningkatan literasi membaca pada murid?
  5. Bagaimana cara menyemangati usaha untuk meningkatkan literasi membaca pada murid?
Tindakan
  1. Membuat gambaran atau narasi diri murid saat mencapai peningkatan literasi membaca
  2. Melakukan pembiasaan membaca di awal pembelajaran.
  3. Menyediakan sudut baca di kelas dengan berbagai bacaan kesukaan murid.
  4. Membuat program kunjungan ke perpustakaan sekolah.
  5. Bekerja sama dengan perpustakaan daerah untuk meningkatkan aktivitas membaca pada murid.
  6. Membuat club literasi sekolah.
  7. Memajang karya murid yang berkaitan dengan literasi membaca di Mading sekolah.


ATUR EKSEKUSI (DELIVER)
Pertanyaan

  1. Siapa yang bisa mengarahkan dan memantau saya selama berusaha meningkatkan literasi membaca pada murid?
  2. Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini?
  3. Kapan usaha untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pada murid mulai saya lakukan?
  4. Siapa yang akan menampung semua curhatan-curhatan ketika menemui kesulitan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pada murid?

Tindakan

  1. Mengajak rekan guru untuk memiliki kemauan yang sama untuk meningkatkan literasi membaca pada murid.
  2. Membuat daftar waktu untuk mengobservasi kegiatan saya dalam meningkatkan literasi membaca pada murid.
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti


Previous Post
Next Post

0 comments: