Kamis, 04 Agustus 2022

1.3.a.3 Mulai dari Diri - Modul 1.3


Imajiku tentang Murid di Masa Depan

Pada alur belajar Mulai dari Diri Modul 1.1 ini, saya diajak untuk membayangkan tanggung jawab sebagai seorang guru dengan peran Guru Penggerak. Saya memiliki peran untuk mengembangkan potensi diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang saya harapkan dapat saya capai di masa depan. Saya akan membuat satu gambaran mengenai murid yang saya dambakan 5-10 tahun mendatang.
  1. Muridku adalah seorang anak yang memahami ajaran agama dengan baik. Mereka selalu menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.  Murid-muridku menjalankan perintah agamanya dan menjauhi larangan agamanya. Di sekolah, mereka juga mengamalkan acaran agama, misalnya dengan berdoa sebelum dan sesudah belajar desuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Selain itu mereka juga memiliki akhlak yang baik kepada anggota keluarga, warga sekolah, maupun masyarakat.
  2. Muridku memiliki akhlak yang baik kepada dirinya sendiri, orang lain, alam, dan negara. Akhlak baik pada diri sendiri tercermin selalu menjaga dan merawat diri. Akhlak baik kepada orang lain tercermin dengan selalu mengutamakan kemanusiaan dan menghargai perbedaan. Akhlak kepada alam tercermin ketika mereka merawat lingkungan. Murid-muridku juga memiliki akhlak yang baik terhadap negara. Hal ini terbukti mereka menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  3. Muridku berkebhinekaan global. Mereka mengenal dan melestarikan budayanya. Mereka juga menerima dan menghargai keunikan budaya lain sehingga terbangun kesalingpahaman dan empati, sehingga memungkinkan untuk terbentuk budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.
  4. Muridku memiliki kemampuan gotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah, dan ringan.  Mereka senang bekerja bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif ketika berada bersama orang lain. 
  5. Muridku adalah anak yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil belajarnya. Mereka mampu melakukan refleksi terhadap keadaan dirinya dan situasi yang dihadapinya. Mereka mampu menyadari kebutuhan pengembangan dirinya yang sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi.
  6. Muridku adalah anak yang bernalar kritis. Mereka mampu mengolah atau memproses informasi dan gagasan selama pembelajaran. Mereka juga mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan informasi yang relevan dari berbagai sumber, fakta dan data yang mendukung.

Gambaran tentang Visi dan Sekolah yang Saya Idam-Idamkan
  • Saya memimpikan murid yang berakhlak mulia, tanggung jawab akan tugasnya, bernalar kritis, berkembang sesuai potensi masing-masing, dan memiliki rasa empati terhadap sesama dan lingkungan sekitar
  • Saya percaya bahwa murid adalah generasi masa depan bangsa yang harus dituntun dan dioptimalkan potensinya, serta memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya.
  • Di sekolah, saya mengutamakan segala kepentingan belajar murid dan mengutamakan tersedianya lingkungan belajar kondusif untuk perkembangan murid.
  • Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka adalah generasi penerus bangsa yang memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan negara ini, sehingga mereka optimis untuk terus belajar dan mengembangkan diri demi masa depan. 
  • Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk mengembangkan kemampuan diri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap anak memiliki potensi dan karakteristik yang berbeda-beda, sehingga kami berkewajiban menuntun segala kodrat yang ada pada diri mereka sesuai dengan kodrat alam dan zaman.

#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti



Previous Post
Next Post

0 comments: