LATAR BELAKANG
Nilai-nilai kebajikan universal berarti nilai-nilai kebajikan yang disepakati bersama, lepas dari suku bangsa, agama, bahasa maupun latar belakangnya. Nilai-nilai ini merupakan ‘payung besar’ dari sikap dan perilaku manusia, atau nilai-nilai ini merupakan fondasi dalam berperilaku. Nilai-nilai kebajikan adalah sifat-sifat positif manusia yang merupakan tujuan mulia yang ingin dicapai setiap individu. Seperti yang telah dikemukakan oleh Dr. William Glasser pada Teori Kontrol (1984), menyatakan bahwa setiap perbuatan memiliki suatu tujuan, dan selanjutnya Diane Gossen (1998) mengemukakan bahwa dengan mengaitkan nilai-nilai kebajikan yang diyakini seseorang maka motivasi intrinsiknya akan terbangun, sehingga menggerakkan motivasi dari dalam untuk dapat mencapai tujuan mulia yang diinginkan.
Setiap sekolah telah memiliki nilai-nilai kebajikan yang diyakini dan sepakati bersama. Salah satunya adalah nilai-nilai kebajikan yang ingin dicapai oleh setiap anak Indonesia yang dikenal dengan Profil Pelajar Pancasila. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka saya merancang sebuah program yang bernama MAS HAJI (Masuk Sekolah Diawali Dhuha dan Mengaji). Kegiatan ini merupakan pembiasaan keagamaan untuk murid-murid. Selain sholat dhuha dan mengaji, kegiatan keagamaan ini juga meliputi Doa Bersama, Pembacaan Asmaul Husna, Surat-surat Pendek, dan Sholat Dhuhur Berjamaah di sekolah.
Mewujudkan murid yang memiliki dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia sebagai bentuk budaya positif di sekolah
TOLOK UKUR
Murid telah melaksanakan Program MAS HAJI (Masuk Sekolah Diawali Dhuha dan Mengaji) serta diikuti aktivitas doa bersama sebelum belajar, pembacaan Asmaul Husna, Surat-surat Pendek, dan sholat dhuhur berjamaah. Kegiatan ini sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.
TAHAP PERSIAPAN
- Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, guru PAI, dan guru kelas.
- Menyusun jadwal pelaksanaan Program MAS HAJI, serta kegiatan doa bersama, pembacaan Asmaul Husna, sholat dhuha, mengaji, Surat-surat Pendek, dan sholat dhuhur berjamaah.
- Melakukan sosialisasi kepada seluruh murid di kelas I-VI terkait program dan tujuan program.
- Menyiapkan sarana prasarana pendukung kegiatan.
TAHAP PELAKSANAAN
- Murid melaksanakan kegiatan doa bersama, pembacaan Asmaul Husna, sholat dhuha, mengaji, hafalan Surat-surat pendek, dan sholat dhuhur berjamaah sesuai jadwal yang ditentukan.
- Guru melaksanakan pendampingan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
- Kepala sekolah memonitor pelaksanaan budaya positif yang telah disepakati.
TAHAP REFLEKSI
- Kepala sekolah dan guru melaksanakan refleksi keterlaksanaan program.
- Murid-murid melaksanakan refleksi atau penilaian diri terkait program yang telah dilaksanakannya.
- Melakukan perbaikan-perbaikan demi tercapainya program yang lebih baik lagi.
- Melakukan komunikasi dengan orang tua atau wali murid agar kegiatan ini juga dilaksanakan murid di rumah.
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Untuk kelancaran dari tindakan aksi nyata yang dilakukan terkait penerapan nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia sebgai bentuk budaya positif di sekolah pastinya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yaitu kepala sekolah, rekan-rekan guru, murid, dan orang tua serta sarana dan prasarana sekolah
PELAKSANAAN
- Koordinasi dengan kepala sekolah
- Sosialisasi pembiasaan Budaya Positif bersama rekan guru saat sidang kerja
- Menyusun jadwal kegiatan keagamaan
Pembiasaan Sholat Dhuha dilaksanakan setiap hari oleh seluruh murid SDN Sidoharjo I di mushola sekolah.
- Menyiapkan sarana dan prasarana
- Pelaksanaan
#gurupenggerak
#calongurupenggerakangkatan5
#cgpkabupatentuban
#maulidiyarahmaprastiti
0 comments: