Tugas kepemimpinan adalah menciptakan keselarasan kekuatan, dengan cara yang membuat kelemahan suatu sistem menjadi tidak relevan. (Peter F. Drucker)
Pada alur belajar ini, saya bekerja secara kolaboratif bersama rekan CGP lain dalam satu kelompok, yaitu Bapak Ali Irham, S.Pd., Ibu Astri Dyah Wilujeng, S.Pd., dan Ibu Ari Fitriawati, S.Pd. Sebelumnya, kami telah berbagi mengenai visi murid masing-masing. Kini, dalam kelompok, kami berdiskusi dan memutuskan satu visi yang dapat menjadi visi untuk kelompok kami. Visi tersebut merupakan olahan bersama yang terinspirasi dari visi yang telah kami buat. Kami telah menyepakai satu visi tersebut untuk merencanakan prakarsa perubahan.
Setelah satu visi disepakati bersama, langkah berikutnya adalah membuat pernyataan “Prakarsa Perubahan”-nya. Kami melakukan curah ide dan menggunakan kerangka berpikir strategis dan taktis. Kami membuat pertanyaan-pertanyaan untuk memandu diskusi kelompok terlebih dahulu. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan pemandu yang kami digunakan.
- Jika visi kelompok seperti demikian, apa prakarsa perubahan atau upaya yang perlu dilakukan pertama kali?
- Dari aset yang telah dimiliki (baik sosial-politik, ekonomi, lingkungan, maupun SDM) mana yang dapat dimanfaatkan, bagaimana caranya?
- Dari program atau pembiasaan yang telah ada di sekolah, mana yang dapat menguatkan atau dijadikan sebagai prakarsa perubahan sehingga berdaya ungkit bagi pencapaian visi?
- Dari elemen-elemen dalam 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila, elemen mana yang dapat kita turunkan menjadi prakarsa perubahan?
Diskusi virtual ini dilakukan secara sinkronus dengan panduan dari fasilitator Bapak Erry Trisna Nurhayana, M.Pd. Hasil diskusi ini menjadi SATU visi, SATU kalimat pernyataan prakarsa perubahan, dan SATU rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap menggunakan kanvas BAGJA.
Berikut ini adalah prakarsa perubahan hasil diskusi kelompok kami: http://online.anyflip.com/jyaya/hakn/mobile/
Dokumentasi Ruang Kolaborasi Modul 1.3
0 comments: